>> Tips tata cara naik Busway Transjakarta bagi pemula, pertama kali naik


Berikut tata cara naik Busway transjakarta bagi pemula atau yang baru pertama kali naik:
  • Di pintu masuk halte busway atau Trasjakarta, selalu ada loket untuk membeli tiket dijamin tidak ada calo tiket disini, alias aman.
  • Belilah seharga Rp. 3.500, untuk satu orang atau seharga 2000 khusus jam 5 - 7 pagi
  • Tiket tersebut dapat berupa: Kartu untuk koridor 1-3 maupun Lembaran untuk koridor yang lainnya, tapi sekarang ada juga Voucher langganan atau kartu prabayar dan ada tulisan “ Hari Gini Pake Uang Tunai ”
  • Masukkan tiket ke mesin tiket khusus untuk koridor tertentu  atau serahkan kepada petugas pemeriksa tiket.
  • Menunggu bus
  • Perhatikan rute - rute atau koridor yang harus Anda tempuh untuk mencapai tujuan Anda sesuai alamat. Tunggulah bus di tempat yang sesuai dengan tujuan anda jangan menunggu bus ke kota eh nunggunya dipintu yang kearah Blok M. Karena untuk beberapa halte, terdiri dari beberapa jurusan, misalnya  di Halte Harmoni terdiri dari 7 jurusan dan sesuai petunjuk yang ada atau bisa juga tanya petugas.
  • Menunggulah dengan tertib dan tidak berisik, jangan mendorong - dorong orang didepan anda ketika bus datang atau jangan main serobot naik dengan langkah tenang, jangan lupa baca doa, usahakan langkah kaki kanan terlebih dahulu.
  • Naik Bus Transjakarta, pastikan anda masuk di arah yang benar bila tidak tahu, tanya satpam/penjaga di loket. Jangan sampe mau ke Blok M malah nyasar ke Pulogadung ( salah tujuan ). Pastikan juga waktu anda masuk ke bus liat bawah jangan sampe kepleset karena antara Halte dan bus lumayan ada celah agak menganga/ lebar.
  • Dahulukanlah penumpang yang turun, barulah Anda masuki bus, jangan sembarang masuk bus, karena di beberapa halte, dalam 1 pintu, ada beberapa bus yang berhenti perhatikan sesuai dengan jurusan Anda nanti malah naik Bus yang salah jurusan, kalau anda tidak tahu Bus anda, bisa tanya kepetugas.

Di dalam bus Transjakarta
Begitu Anda masuk bus, jangan menumpuk di pintu, masuklah lebih ke dalam bus. Jika Anda berdiri, berdirilah menghadap jendela jangan hadap - hadapan ( seperti kata bang napi, kejahatan terkadang bukan karena niat pelaku, tapi karena ada kesempatan, tahu kan maksudnya.... ), peganglah Handgrip yang ada. Jika berdiri sambil membawa tas punggung, tarulah tas Anda di bagian depan, agar penumpang lain bisa tetap bisa berdiri di belakang Anda. Jagalah kebersihan, jangan makan di dalam bus, jangan membuang sampah sembarangan. Jika Anda mendapat duduk, dahulukanlah mereka yang memerlukan, seperti ibu hamil dan orang tua.

Sekarang sudah dipisah antara Perempuan dibagian depan dari pintu dan laki – laki di bagian belakang dari pintu tapi masih tidak cukup karena kursinya hanya sekitar 26 kursi.
Didalam bus Trans Jakarta pedagang dan pengamen dilarang masuk.

Turun dari bus Transjakarta 
  • Sebisa mungkin Anda sudah bersiap di pintu bus sebelum Anda turun, jangan santai - santai nunggu bus berhenti dulu baru berdiri dari tempat duduk.
  • Untuk bus gandeng terutama ketika turun di halte besar turun dari pintu tengah. 
  • Langkahkan kaki kiri dulu ke halte sambil lihat kebawah., karena kalau melangkah kaki kanan dulu, rawan jatuh terpeleset.

Untuk yang Transit
Di Transjakarta , ada yang namanya istillah 'transit', maksudnya ada pengganti bus sesuai dengan rute yang akan ditempuh. melakukan transit tidak dipungut biaya tambahan asal jangan keluar dari palang pintu keluar halte.

Rute Transjakarta atau Busway terdiri dari:

- Rute reguler atau nama istilahnya Koridor seperti
  • Blok M - Kota dinamakan koridor 1. 
  • Pulogadung-Harmoni  dinamakan koridor 2
  • Kalideres - Harmoni dinamakan koridor 3 dan seterusnya bisa di KLIK DISINI

Beberapa rute langsung dengan nama istilahnya express, yaitu menggabungkan beberapa  koridor- koridor seperti:
  • PGC-Harmoni,
  • Pulogadung-Kalideres dan seterusnya

*) Catatan: Apabila anda naik Transjakarta dan salah naik jangan panik, nanti kalau ketemu halte turun saja dan boleh balik lagi tanpa dikenakan biaya tambahan, asalkan jangan keluar dari palang pintu keluar halte, atau pun sobat pengen jalan – jalan naik bus Transjakarta seharian pun boleh saja tanpa biaya tambahan, asal jangan keluar palang pintu halte busway, demikian informasi tata cara naik Busway  Transjakarta kali ini, semoga tips dan informasi ini bermanfaat.
( sumber )